Renungan Awal Minggu

24 Agu

Otokritik untuk saya sendiri, sering kita gowes genjot adalah egois. Bukan egois ninggalin yang dibelakang, tapi kita sering fokus pada diri kita sendiri saat genjot. Seperti disampaikan Om Hanif, saat kita genjot pasircongcot NR yang kita ingat adalah asyiknya dan meliuk liuknya jalur serta jarangnya warung, tidak ada listrik, namun kita sering lupa memperhatikan kondisi masyarakat setempat.

Seorang rekan milis ini pernah berkata, “… sekali-sekali kita gowes jangan egois lah, kita buat gowes tidak hanya bermanfaat dan nikmat tapi juga memberi berkah dan manfaat buat orang lain…”

Seperti dipukul godam, saya jadi ingat kondisi desa-desa yang sering kita lalui di trek: tidak berlistrik, sulit air, tanah kering… Ironisnya, yang bisa mereka lakukan adalah menebang pohon yg masih ada. Cara mempertahankan hidup yang sudah ada dari jaman purbakala.

Perhatikan gak, betapa banyak log2 kayu yang tergeletak di pinggir jalan selama perjalanan gowes mandalawangi kemarin? Sempat istirahat ngadem menikmati semilir hutan sebelum kampung dengan sawah indah itu, terdengar suara ‘chainsaw’ sedang beraksi tak habis-habisnya.

Dua-tiga tahun lagi kita gowes ke Mandalawangi mungkin akan kering kerontang seperti Pasircongcot…. Semoga tidak.

Jadi ayo kita ramaikan gowes dug-dug dan gowes dag-dig-dug di bulan puasa yang semoga juga menjadi berkah bagi saudara-saudara yang kita lewati daerahnya.

Gowes DUG-DUG trek Pasircongcot, 29 Aug 2009, start 1530 dr AA Bike, buka puasa di Dusun Taman Mekar

Gowes DAG-DIG-DUG trek baru dari Jatiluhur ke AA Bike via Pangkalan, 5 Sep 2009, buka puasa di atas sampan di Jatiluhur, finish sahur bersama di AA Bike

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: