CikarangMTB: Gowes DagDigDug/Gowes Kurma, Jatiluhur – Cikarang Night Ride

6 Sep

(seperti diposting Om Marillion/Om Hanif di Sepedaku.com)
http://www.sepedaku.com/forum/showthread.php?t=22075

cikarangmtb-small-crop

Gowes lintas 3 kabupaten ini merupakan pengulangan dari Ramadhan tahun lalu, meski 50% jalur off roadnya di re-route dengan route baru. Start dari Madang (Purwakarta), melintasi Kutamaneuh, Pangkalan, KaliGandu (Karawang), dan finish di Tegaldanas Cikarang (Bekasi).

Start, sepeda dan orang naik perahu setelah di drop di daerah yang disebut ‘Serpis’ di sisi timur Waduk Jatiluhur ke semenanjung Madang di sisi barat.

Sementara saya, om Arry, om Yudi Paramedic dan om Asup.. ke Madang duluan via darat.. eh.. maksudnya naik speda motor yang nantinya dipakai sebagai rescue team. Beberapa km sebelum Madang udah adzan brenti dulu untuk mbatalin puasa makan Kurma.

Sampai Madang, tanpa basa basi langsung nyantap Kolak, Ikan Nila Bakar, Sayur Asem dan temen2nya… karena temen2 yang nyebrang dari Serpis jam 18:00 juga hanya sempet mbatalin puasa.

Setelah leha2 sebentar lanjut sholat Isya, dan Tarwihan.

Jam 21:00 start nggowes 11 sepeda dikawal motor rescue team.

Madang – KutaManeuh
Kondisi rolling, banyak track makadam yang tidak teratur sebagian berlumpur karena beberapa waktu sebelumnya sepertinya daerah tsb, di guyur hujan. Kondisi tanjakan dan turunan-nya makadam cukup “primitive”, cukup menguras tenaga untuk menikmati tanjakan2 nya, tapi cukup berbahaya untuk meluncur deras di turunan macadam tak beraturan… tapi itulah asyiknya dan masih gowesable.

Di pitstop sebelum KutaManeuh.. bau minyak tawon udah mulai breng2an… tanda ada yang udah terkena gejalan kram… tapi nggak ada yang ngaku… hehehe.
Supaya energize lagi, maka kami nyamil Kurma lagi.

KutaManeuh – Pangkalan
Pada bagian inilah route barunya. Ketemu jalan aspal kita belok ke utara untuk ngoff-road lagi… melintasi trek tanah yang sepi berupa rerimbunan hutan “Sakura” Teresida, dan hutan Bambu yang panjang sampai ketemu waduk Ciawitengan. Waduk yang pemandangannya juga indah, terlihat bayangan 2 kerucut pegunungan di sisi selatannya.

Selanjutnya nanjak rolling ke Pangkalan. Jenis makadam sudah jauh lebih rapi dibanding section awal.
Dan setidaknya ada 4 tanjakan panjang yang mantap. Ada bagian nggowes melintasi sungai yang nggak ada jembatannya, disambung dengan trek tanah hutan Akasia yang panjang, menambah sensasi route ini.

Sampai aspal Pangkalan jam 11:15, dan odo menunjukan 17 km. Leha2 cukup lama disini, lega merasa sudah kembali ke peradaban

Pangkalan – KaliGandu – TegalDanas
Gowes di jalan raya.. tapi masih rolling, ada baberapa tanjakan.. kira2 jam 00 sampai pertigaan Bendungan Cibeet – Kali Gandu dekat desa Pasircongcot. Odo menunjukkan 28.7 km.

Grouping lagi, tidak lupa mem-boost energy dengan Kurma lagi. Sampai ketemu om Yadi dan kawan2nya dari Cibitung total 7 goweser yang NR di sekitaran Cikarang-Bendungan Cibeet. Hujan turun sewaktu kami beramah tamah – beteduh dulu. Agak reda, lanjut gowes dengan trek masih basah bersama2, dipimpin Kang Asol dengan mengambil jalur menyebrang Kali Cibeet, yang ‘terpaksa” pakai perahu karena air sungainya tinggi.

Terus ke jalur ITB, sempat dihibur dengan lumpur yang bikin roda nge-lock… padahal Cuma tinggal beberapa puluh meter sebelum menyentuh jalan aspal perumahan Kota Deltamas.

Jam 2 lebih sudah finish di AA Bike Tegaldanas dalam kondisi belepotan lumpur dan cipratan di bagian belakang jersey..

Ditutup sahur bersama dengan menyantap Nasi Sop Panas yang udah disiapin om Adji.. wuihh sedapp… sesedap adventurenya.

1diperahu
mendarat di Madang setelah 45 menit dari area Serpis Jatiluhur

2madangbase
base Madang

2nguler
Nguler di sekitar Waduk Ciawitengan

3nyebrangsungai
Nyebrang kali Cicaban

4kaligandu
@per3an KaliGandu ketemu om Yadi & group Cibitung untuk bareng2 ngoff-road lagi ke Tegal Danas.

peta

foto selengkapnya ada di sini:
http://hmarga.multiply.com/photos/album/32/Gowes_Kurma_Jatuluhur-Cikarang

Satu Tanggapan to “CikarangMTB: Gowes DagDigDug/Gowes Kurma, Jatiluhur – Cikarang Night Ride”

  1. blue_tooth7 Februari 18, 2011 pada 11:30 am #

    tengkyu petanya om.
    kami yang masih nubi sering memakai peta dari cikarang mtb untuk mencoba rute2 baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: